Diskusi bareng: Animal Behavior and Welfare

Posted on by on June 29th, 2018 | 0 Comments ยป

Komunitas belajar online yang menamakan dirinya IDCourserians mengadakan meetup akhir pekan lalu 23/6/18 yang bertempat di @America, mal Pacific Place, Jakarta. Saya mendapat giliran berbagi tentang course yang sudah saya ambil yaitu Animal Behavior and Welfare.

Topik ini menyenangkan namun susah disampaikan dalam satu sesi. Aslinya course ini harus diselesaikan dalam waktu 7 pekan, merangkumnya jadi sesi sependek 1,5 jam tentu perlu trik. Beruntung, audiens yang datang cukup antusias sehingga muncul beberapa diskusi yang cair tidak melulu terpaku pada slide.

Sedikit tentang isi course ini. Course Animal Behavior and Welfare ini saya ikuti di situs Coursera.org. Ada dua course yang saya temukan di sana, satu dari University of Edinburgh –yaitu yang saya ambil ini–, dan satunya di University of Melbourne yang belum diadakan lagi sampai sekarang. Setelah menyelesaikan online course, saya baru paham kalau behavior yang dibahas di sini tujuannya untuk mengukur kesejahteraan binatang.

Studi tentang perilaku hewan memang belum populer di Indonesia, tiap belahan dunia pun punya aturan berbeda tentang animal welfare. Hal ini dipengaruhi faktor speciesm. Ada spesies yang lebih dibela daripada spesies lainnya, contoh yang kita sering jumpai adalah anjing-kucing. Kedekatan manusia dengan anjing-kucing membuat kedua spesies itu tidak dianggap makanan dan lebih dipedulikan kesejahteraannya dibanding ternak. Padahal spesies binatang yang dimakan manusia bisa berbeda-beda di belahan dunia lain atau di budaya yang berbeda. Tidak dipungkiri pertimbangan spesies hewan sebagai makanan manusia juga dipengaruhi ketersediaan makanan di lingkungan.

Five Freedom

Umumnya disepakati bahwa hewan sejahtera ketika lima kebutuhannya terpenuhi, yaitu:

  1. Bebas rasa lapar dan haus
  2. Bebas dari rasa tidak nyaman
  3. Bebas dari rasa sakit, luka, dan penyakit
  4. Bebas mengekspresikan perilaku normal
  5. Bebas dari rasa stres dan tertekan

Komik yang bisa menggambarkan kebutuhan di atas bisa dibaca di sini.

Banyak pelanggaran terhadap hewan. Semakin terlihat saat harapan saya dengan sharing ini, adalah masyarakat lebih sadar batas ambang eksploitasi kita terhadap lingkungan, terutama hewan.

« Komik Beritagar: June 7, 2018 at 12:59PM
Komik Beritagar: July 6, 2018 at 12:02PM »

No Comments


Categories

Archives

Twitter